Saturday, November 14, 2009

TENTANG PAHALA HARI KESEPULUH "DZULHIJJAH"

Diriwayatkan bahwa Allah SWT. Telah memilih dari tahun tiga kali sepuluhan:

1)sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan karena adanya lailatul qadar.

2)sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.karena adanya hari tarwiyah,hari arafat,hari2 qurban,talbiyyah dan hajji serta lain2 manasik.


3)sepuluh hari pertama bulan Muharram.karena terdapat didalamnya barakah hari Asyura.

KEUTAMAAN PUASA 10 HARI PERTAMA BULAN DZILHIJJAH

A) hari pertama adalah hari dimana Allah SWT.mengampuni Nabi Adam a.s.maka barangsiapa berpuasa pada hari itu Allah mengampuni segala dosanya.

B) hari kedua adalah hari dimana Allah mengabulkan doa Nabi Yunus dengan mengeluarkannya dari perut ikan.maka barangsiapa berpuasa pada hari itu,seakan2 ia telah beribadah selama satu tahun penuh dengan tiada melakukan suatu maksiat sekejap matapun.

C) hari ke tiga adalah hari dimana Allah mengabulkan doa Nabi zakariya a.s.maka barangsiapa berpuasa pada hari itu Allah SWT. akan mengabulkan doanya.

D) hari keempat adalah hari nabi isa a.s dilahirkan.maka siapa saja yang berpuasa pada hari itu akan diselamatkan dari kesengsaraan dan kemiskinan.

E) hari kelima adalah hari Nabi Musa a.s dilahirkan.maka barangsiapa berpuasa pada hari itu akan bebas dari kemunafikan dan adzab kubur.

F) hari ke enam adalah hari dimana Allah SWT. Membuka pintu kebajikan bagi Nabi-nya.maka siapa saja yang berpuasa pada hari itu akan dipandang oleh Allah SWT. dengan penuh rahmat dan tidak akan diadzab.

G) hari ketujuh adalah hari dimana ditutup pintu2 jahannam dan tidak akan dibuka kembali sebelum berlalu hari yang kesepuluh.maka siapa berpuasa pada hari itu Allah menutup 30 pintu kemelaratan dan kesukaran,serta membuka pintu kesenangan dan kemudahan.

H) hari kedelapan adalah hari "TARWIYAH". Barangsiapa berpuasa pada hari itu akan memperoleh pahala yang tidak diketahu kecuali oleh Allah SWT.

I) hari kesembilan adalah hari "ARAFAH".barangsiapa berpuasa pada hari itu,puasanya menjadi tebusan dosa untuk setahun yang lalu dan setahun yang akan datang

j) hari kesepuluh adalah hari raya "IDUL-ADHA".Barangsiapa menyembelih kurban pada hari itu,maka untuk tetes pertama yang mengalir dari darah kurban itu Allah SWT.mengampuni dosa2nya dan dosa anak keluarganya,dan barangsiapa pada hari itu memberi makan kepada seorang mukmin atau bersedekah,akan dibangkitkan oleh Allah SWT. Pada hari Qiamat dalam keadaan aman,dan berat amal salehnya menjadi lebih berat daripada gunung uhud.
WA ALLAHU A'LAM.
(di nuqil dari kitab dzurrotunnashihiin.
By H.Salim Bahreisy)

1 comment:

  1. Maaf yang benar adalah tanpa puasa pada judul sebelum a b c.trimakash

    ReplyDelete

Let's SHARE guys...!!

Followers